Judul : contoh soal pilihan ganda usbn seni budaya karawitan + pembahasan
link : contoh soal pilihan ganda usbn seni budaya karawitan + pembahasan
contoh soal pilihan ganda usbn seni budaya karawitan + pembahasan
SOAL PILIHAN GANDA
1. Pengertian karawitan secara teoritis terbangun dari 4 unsur, salah satu diantaranya adalah Medium. Medium dalam karawitan berupa......
A. Nada
B. Ritme
C. Laras
D. Laya
E. Suara
2. Konsep ”ding-dong” adalah konsep gatra yang dikemukakan oleh Ki Sindhu Sawarno. Konsep gatra “ding-dong” menempatkan masing-masing bagian memiliki peran/kedudukan yang berbeda. Berdasarkan konsep gatra Ki Sindhu Sawarno urutan penamaan yang benar adalah .....
A. Ding kecil – dong kecil – ding besar – dong besar
B. Ding kecil – dong besar – ding besar – dong kecil
C. Ding besar – dong kecil – ding kecil – dong besar
D. Ding besar – dong besar – ding kecil – dong kecil
E. Ding kecil – ding besar – dong besar – dong kecil
3. Perhatikan susunan balungan berikut ini !
2321 3532 5653 2321
Susunan balungan diatas termasuk dalam jenis susunan balungan ....
A. mlaku
B. nibani
C. gantung
D. maju kembar
E. pancer
4. Nada “ro” tinggi atau nada “ro” dengan simbol “titik diatas” dalam lambang penulisan Titilaras Kepatihan sering disebut dengan istilah ....
A. Manis
B. Gulu
C. Dhadha
D. Barang
E. penunggul
5. Klasifikasi/pengelompokan instrument gamelan ditinjau dari bentuk fisik terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu bentuk ....
A. bundaran dan bentuk bilah
B. bundaran dan bentuk lakaran
C. pencon dan bentuk bundaran
D. bilah dan bentuk lakaran
E. pencon dan bentuk bilah
6. Perangkat gamelan Sekaten secara historis erat kaitanya dengan penyebaran atau syiar agama Islam. Dalam tradisi Kraton Surakarta perangkat gamelan ini dibunyikan untuk memperingati Kelahiran nabi Muhammad, dalam penanggalan Jawa acara tersebut diperingati tiap bulan ….
A. syawal
B. mulud
C. muharam
D. sya’ban
E. besar
7. Pathet memiliki beberapa pengertian tergantung dari perspektif konteks keperluannya. Dalam pakeliran konsep pathet dapat diartikan sebagai ....
A. kunci bersuara
B. pembagian waktu
C. identik dengan garap
D. rasa seleh
E. wilayah nada
8. Seni karawitan secara fungsi dapat berdiri sendiri sebagai suatu sajian seni pertunjukaan maupun dapat berfungsi sebagai bagian dari pertunjukan seni lain seperti seni tari atau seni pedalangan. Berkaitan dengan fungsi karawitan sebagai bagian dari pertunjukan seni lain tersebut kedudukan seni karawitan adalah sebagai karawitan ....
A. Konser
B. Mandiri
C. Iringan
D. Pendukung
E. pelengkap
9. Irama dalam karawitan sering diartikan dengan istilah pelebaran dan penyempitan gatra dengan menggunakan indikator tabuhan saron penerus dalam sajian gendhing. Jika satu sabetan balungan mendapat 2 pukulan tabuhan saron penerus, maka irama yang dimaksud adalah irama ....
A. irama lancer
B. tanggung
C. dadi
D. wiled
E. rangkep
10. Instrumen Kendhang dalam karawitan termasuk dalam kelompok instrumen pokok. Dalam sajian karawitan instrumen kendhang berfungsi sebagai pemimpim dalam penguasaan irama. Dalam karawitan fungsi instrumen kendhang adalah sebagai ....
A. pamurba lagu
B. pamangku lagu
C. pamurba irama
D. pamangku irama
E. pengolah irama
11. Teknik tabuhan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan cara dalam memainkan atau membunyikan instrumen gamelan. Teknik ngikik, sendhal pancing, kadal menek, ngecrek adalah beberapa teknik yang terdapat dalam memainkan instrumen ....
A. Kendhang
B. Rebab
C. Gender
D. bonang barung
E. balungan
12. Instrumen rebab memiliki 2 buah senar sebagai sumber bunyi yang dalam penerapannya dalam garap gendhing memiliki nada steming yang berbeda. Jika gendhing yang disajikan adalah gendhing-gendhing pelog pathet lima, maka nada steming untuk kedua senar rebab adalah ....
A. nada 6 dan nada 2
B. nada 5 dan nada 3
C. nada 3 dan nada 6
D. nada 5 dan nada 1
E. nada 2 dan nada 1
13. Instrumen demung dan saron dalam kadar garap tertentu sering kali memiliki pola garap teknik tertentu. Jika gendhing disajikan dalam garap soran dan balungannya memiliki susunan sebagai berikut: sabetan pertama dan sabetan ketiga memiliki nada yang sama, sabetan kedua adalah pin, maka teknik tabuhan yang biasa yang dilakukan adalah teknik ....
A. genjotan
B. gemakan
C. genukan
D. gembyangan
E. sarugan
14. Instrumen rebab memiliki teknik tabuhan yang beragam berkaitan dengan tafsir garap susunan balungan. Jika balungan gendhing memiliki nada-nada rendah terutama nada “ro” bertitik bawah, maka teknik yang sering diterapkan adalah teknik ....
A. ngikik
B. sendhal pancing
C. ngecrek
D. mbalung
E. nduduk
15. Instrumen Gender adalah salah satu instrumen pokok dalam karawitan yang berfungsi sebagai pengolah lagu baik dalam sajian gendhing maupun sajian diluar gendhing. Dalam penerapan sajiannya, instrumen gender seringkali menggunakan teknik-teknik tertentu untuk mendukung pencapaian rasa lagu yang akan disajikan. Dalam penyajian Pathetan, teknik genderan yang sering dilakukan adalah ....
A. sarugan dan samparan
B. gembyungan dan pipilan
C. genukan dan samparan
D. pipilan dan sarugan
E. gugukan dan pipilan
16. Instrumen kendhang dalam sajian karawitan juga berfungsi untuk menentukan pencapaian karakter rasa dari sajian gendhing. Jika gendhing yang akan disajikan adalah gendhing yang memiliki kesan gumyak, rame riang dan lincah, maka bentuk garap kendhangan yang disajikan adalah kendang ....
A. kosek alus
B. kosek wayang
C. ciblon
D. kalih wiled
E. pematut
17. Cengkok sindenan srambahan yang berupa wangsalan 12 suku kata pada gending bentuk merong kethuk 2 kerep secara umum diterapkan pada....
A. gatra ke -2 pada kenong 2
B. gatra ke-4 menjelang kenong 2
C. gatra ke-2 pada kenong 3
D. gatra ke-2 menjelang kenong 3
E. gatra ke-4 menjelang gong
18. Garap minir merupakan salah satu tafsir garap instrumen rebab dalam karawitan yang bersifat cengkok adat/mati dimana jika menjumpai susunan balungan tersebut dalam gendhing lain dalam pathet yang sama Dibawah ini merupakan susunan balungan dalam pathet sanga yang memungkinkan untuk garap minir adalah ....
A. 22.3 5321
B. 5616 5321
C. 1656 5312
D. ..12 3565
E. ..32 .126
19. Jika kita menjumpai susunan balungan 6132 6321 pada suatu gendhing yang disajikan dalam pathet manyura, maka kemungkinan pola garap/cengkok yang disajikan adalah...
A. debyang debyung
B. puthut gelut
C. ora butuh
D. puthut semedi
E. ayu kuning
20. Tembang tengahan atau tembang gedhe yang sering digunakan sebagai awal sebuah sajian gendhing dalam karawitan disebut...
A. sindhenan
B. bawa
C. gerongan
D. wangsalan
E. jineman
1. E
2. A
3. D
4. A
5. E
6. B
7. B
8. C
9. B
10. C
BDemikianlah Artikel contoh soal pilihan ganda usbn seni budaya karawitan + pembahasan
Sekianlah artikel contoh soal pilihan ganda usbn seni budaya karawitan + pembahasan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel contoh soal pilihan ganda usbn seni budaya karawitan + pembahasan dengan alamat link Sapiens